by

Cuman Gegara Bakar Sampah, Lahan 2 Hektare di Sei Ladi Ludes Terbakar

TANJUNGPINANG, BACADULU.ID – Lahan milik warga seluas 2 hektare hangus terbakar. Lahan tersebut berada di kavlingan di Sei Ladi, Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Tanjungpinang Kota.

Salah satu faktor, lahan biasanya terbakar dikarenakan cuaca yang sangat panas. Namun berbeda dengan ini, terbakar karena merembetnya api dari sampah yang di bakar seorang anak kecil, Kamis (18/2/2021).

Seperti dilansir Sijoritoday.com, Dato’ Fadillah selaku Ketua Barisan Relawan Kebakaran (Balakar) Kampung Bugis dan Senggarang, mengaku, telah terjadi kebakaran lahan milik warga diakibatkan seorang anak kecil yang membakar sampah.

“Kejadian berawal sekitar pukul 14 : 00 Wib disebabkan adanya anak kecil yang membakar sampah sehingga api menjalar ke lahan kavlingan milik beberapa warga, angin kencang yang berhembus membuat api semakin membesar,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tanjungpinang, Hantoni, menjelaskan api baru dapat dipadamkan setelah satu jam kemudian dengan mengerahkan Tiga Unit Armada Damkar serta beberapa petugas pemadam.

“Usai menerima laporan yang kami terima Team langsung bergegas menuju ke TKP, dengan area yang luas dan Medan yang sulit api baru dapat dipadamkan setelah kurang lebih satu jam,” jelasnya.

Lanjut Kadis Damkar Tanjungpinang, total lahan seluas dua hektare habis terbakar, berdasarkan informasi di lapangan lahan tersebut di miliki beberapa orang secara kavlingan.

Hantoni menghimbau kepada kepada masyarakat agar tidak ada yang membakar sampah pada saat musim kemarau dan angin kencang saat ini yang dapat menimbulkan kebakaran.

” Apabila dengan sengaja melakukan pembakaran tersebut ada unsur pidana dalam UU No 32 Tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di pasal 65 ayat 1 Huruf h  ( barang siapa yang sengaja membakar atau membuka lahan dengan sengaja atau melakukan aktivitas kebakaran lainnya ) akan dikenakan sanksi penjara  minimal 3 tahun dan maksimal 10 Tahun dan denda paling sedikit  Rp 3 Milyar dan paling banyak 10 Milyar,” pungkasnya. (Mis)

Comment

News Feed