by

Sandiaga Uno Ingin Budaya dan Kearifan Lokal Jadi Magnet Pariwisata Danau Toba

BacaDulu.id, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Geosite Hutaginjang Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. Dia ingin Pariwisata di Danau Toba dikembangkan dengan berbasis budaya dan kekayaan alam.

Menurutnya, banyak kearifan lokal dan budaya di kawasan Danau Toba yang bisa menjadi daya tarik datangnya para wisatawan. Hanya saja, perlu strategi yang tepat untuk mengembangkannya.

“Banyak kearifan lokal dan budaya disini yang harus kita jaga dan kembangkan. Tinggal kita membuat strategi apa yang tepat untuk dikembangkan,” kata Sandiaga di Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, Rabu, (30/12).

Konsep yang ditawarkan untuk pengembangan wisata danau toba misalnya kegiatan wisata olahraga. Lalu dari sisi produk budaya yaitu penyeragaman motif kain ulos yang menjadi buah tangan khas.

“Calender of eventnya bisa dibuat sport tourism event. Dari segi produk seperti ulosnya juga harus diseragamkan dan lainnya,” imbuhnya.

Dari sisi kuliner, pengemasan produk juga perlu ditingkatkan. Misalnya suguhan ombus-ombus, kacang sihobuk dan kopi Lintong yang perlu dikemas lebih baik lagi. Sebab menurutnya jajanan tradisional khas Danau Toba ini enak.

“Itu sangat luar biasa, ombus-ombus dengan kopi lintong khas Danau Toba. Ini layak kalau kita kemas dengan baik dan ini merupakan kualitas ekspor yang berdaya saing. Jadi saya mendorong dari sisi ekonomi kreatif,” jelasnya.

Dia berpesan, destinasi wisata tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan 4K. Antara lain, Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Kelestarian Lingkungan atau CHSE di daerah.

Pihaknya juga ingin mengajak kolaborasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas SDM pariwisata dan ekonomi kreatif. Termasuk peningkatan kualitas dan kuantitas produk ekonomi kreatif. [Merdeka.com/azz]

Comment